Minggu, 15 April 2012

TANGGAP DARURAT PADA KELUARGA

Setiap keluarga seharusnya sudah membuat perencanaan dan antisipasi jika terjadi situasi gawat darurat yang menimpa anggota keluarganya. Hal ini untuk meminimalkan resiko sekecil mungkin sebagai dampak dari kedaruratan tersebut. Selain itu juga agar dalam keluarga dapat saling menolong anggota keluarganya yang lain. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebagai antisipasi dalam menghadapi situasi gawat darurat :

A. TABEL RIWAYAT KESEHATAN 
Sebagian besar keluarga tidak memikirkan pentingnya Tabel Riwayat Kesehatan Keluarga. Sehingga antara anggota keluarga tidak bisa memahami kondisi dan masalah kesehatan keluarga masing-masing. Padahal Tabel riwayat kesehatan keluarga sangat penting ketika menghadapi situasi kedaruratan. Tabel riwayat kesehatan keluarga berisi riwayat sakit yang pernah diderita anggota keluarga, obat yang diminum, alergi terhadap obat tertentu, imunisasi. Dalam tabel tersebut juga harus tertera nomor-nomor pentung seperti nomor telepon rumah sakit terdekat, dokter keluarga, nomor polisi dan nomor pemadam kebakaran.

B. KETAHUI JALAN MENUJU RUMAH SAKIT TERDEKAT
Anggota keluarga yang bisa membawa kendaraan sebaiknya mengenali jalur tercepat menuju rumah sakit terdekat. Pada keadaan darurat salah memilih jalan akan membuat pertolongan menjadi terlambat. Hal ini akan mempengaruhi juga tingkat keberhasilan pertolongan dan kemungkinan penyelamatan jiwa penderita. Pemilihan jalan yang tepat dan tercepat pada keandaan darurat sangat penting, karena pada situasi darurat kita berpacu dengan waktu. Keterlambatan bisa menjadi sangat fatal buat penderita.

C. TANDA PENGENAL MEDIK PRIBADI
Tanda medik pribadi sangat penting untuk anggota keluarga terutama yang sering bepergian jauh. Hal ini untuk memudahkan penolong  mengenali riwayat kesehatan orang yang bersangkutan jika terjadi situasi darurat.

Tanda pengenal medik pribadi bisa berupa gelang, kalung atau kartu khusus. Namun yang paling sering dipakai adalah gelang atau kalung, adapun pemakaian kartu khusus digunakan jika yang bersangkutan alergi pada pemakaian kalung/gelang logam, atau yang tidak mau memakainya.

Tanda pengenal medik pribadi biasanya dipakai oleh orang yang memiliki penyakit serius, seperti diabetes, epilepsi, glaukoma, haemofilia, jantung dan orang-orang yang alergi terhadap obat-obatan atau yang lainya.
Tanda pengenal medik pribadi berisi data-data seperti : nama, alamat,  golongan darah, daftar alergi, atau info kesehatan lainnya. Tanda pengenal medik pribadi banyak diproduksi oleh perusahaan kesehatan atau dibuat sendiri oleh yang bersangkutan.

D. PERALATAN P3K DI RUMAH ATAU DI KENDARAAN
Dirumah atau di kendaraan perlu tersedia kotak P3K yang bisa digunakan setiap saat pada keadaaan darurat. Simpanlah kotak P3K pada lokasi yang strategis, dan jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan peralatan termasuk memeriksa secara berkala tanggal kadaluarsa dari peralatan tersebut.

By. Jajat Sudrajat
Sumber : Handbook Of First Aid And Emergency Care AMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar