Selasa, 27 Maret 2012

Pertolongan Pertama Pada Gigitan Binatang


Jika seekor binatang menggigit anda atau anak anda maka perlu segera mendapatkan pertolongan pertama. Panduan pertolongan pertama gigitan binatang adalah sebagai berikut :

UNTUK LUKA RINGAN
Jika gigitan nyaris merobek kulit dan tidak ada bahaya rabies, maka perlakukan seperti luka kecil. Cuci luka dengan sabun dan air. Oleskan krim antibiotik untuk mencegah infeksi dan tutup luka dengan perban yang bersih.

UNTUK LUKA DALAM
Jika gigitan menciptakan tusukan atau robekan yang parah dan berdarah, ambil kain bersih dan kering lalu lakukan penekanan pada luka untuk menghentikan perdarahan. Segera mencari pertolongan dokter.

UNTUK INFEKSI
Jika anda melihat tanda-tanda infeksi seperti bengkak, nyeri, kemerahan atau bernanah segera konsultasi ke dokter.

UNTUK KECURIGAAN TERHADAP RABIES
Jika anda menduga gigitan itu disebabkan oleh binatang yang mungkin membawa rabies-termasuk hewan liar atau hewan peliharaan yang tidak diketahui status imunisasinya. Segera kunjungi dokter.

Dokter merekomendasikan untuk mendapatkan vaksin tetanus setiap 10 tahun. Namun jika anda mendapatkanya lebih dari 5 tahun yang lalu dan luka anda dalam dan kotor, dokter dapat merekomendasikan untuk memberikan anti tetanus (Booster). Dapatkan booster sesegera mungkin setelah cedera.

Binatang peliharaan adalah yang paling sering mengakibatkan cedera gigitan. Anjing lebih sering dibandingkan kucing. Namun gigitan kucing bagaimanapun lebih mungkin menyebabkan infeksi karena gigitannya menyebabkan tusukan dan sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh. Gigitan hewan peliharaan dan hewan liar yang tidak diimunisasi beresiko terkena rabies. Resiko yang paling tinggi menyebabkan rabies adalah gigitan yang diakibatkan oleh kelelawar, Racoon, dan rubah dari pada kucing dan anjing. Kelinci, tupai dan binatang pengerat lainnya jarang membawa rabies.

The Centers for Disease Control and Prevention (US) merekomendasikan  apabila anak-anak atau dewasa terkena gigitan kelelawar, atau sedang tidur menemukan kelelawar didekatnya atau berfikir/khawatir telah tergigit kelelawar harus segera konsultasi dengan dokter. Hal ini karena bekas gigitan kelelawar sulit untuk dilihat.

Sumber : Mayo Clinic
Diterjemahkan : Jajat.S

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar