Senin, 16 April 2012

TAK ADA AKAR ROTAN PUN JADI : Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti alat pertolongan pertama??

Ketika menghadapi keadaan darurat sering kali tidak tersedia peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pertolongan. Namun jangan kehabisan akal kita tidak perlu ketergantungan dengan peralatan yang semestinya, kita bisa menggunakan barang/benda disekitar kita sebagai pengganti alat pertolongan. Alat-alat yang bisa digunakan dalam keadaan darurat adalah sebagai berikut :

1. PEMBALUT WANITA DAN POPOK BAYI
Saat kita menemukan korban dengan perdarahan hebat atau luka parah dan tidak memiliki pembalut yang semestinya, kita bisa menggunakan Pembalut Wanita atau Popok bayi untuk melakukan balut tekan. Caranya ambil pembalut wanita atau popok bayi lalu letakan diatas luka dan lakukan penekanan dengan menggunakan tangan atau pengikatan diatasnya. Jika darah masih keluar maka tambahkan pembalut wanita atau popok bayi sampai tebal. Semakin tebal akan semakin efektif untuk menghentikan perdarahan.

2. SAPU TANGAN, HANDUK, DAN TAPLAK MEJA
Sapu tangan, handuk dan taplak meja bisa digunakan untuk menghentikan perdarahan hebat pada luka. Caranya Ambil sapu tangan, handuk atau Taplak meja, lalu lipat sedikit lebih lebar dari luka, setelah itu tempelkan dan tekan. Sama halnya dengan pembalut diatas maka jika darah masih mengalir tambahkan kain sapu tangan atau yang lain agar lebih tebal.

Sapu tangan juga bisa dipakai sebagai bantalan ketika pemasangan bidai / spalk. Terutama bantalan pada tulang-tulang yang menonjol.

Sedangkan taplak meja bisa digunakan untuk menyanggah lengan yang patah jika tidak memiliki kain segi tiga atau mitela.

3. MAJALAH, KORAN, PAYUNG, KARDUS
Majalah, koran, payung dan kardus bisa digunakan untuk melakukan pembidaian pada korban yang mengalami patah tulang pada daerah lengan dan kaki. Prinsip pembidaian pada patah tulang adalah harus melewati dua sendi. Jika tidak ada barang diatas, untuk patah tulang daerah kaki bisa juga melakukan pembidaian dengan menggunakan kaki yang sehat, dengan cara mengikatkan kaki yang patah dengan kaki yang sehat sebelahnya.

4. PAPAN, MEJA DAN PINTU
Papan, meja dan pintu dapat digunakan untuk menyanggah korban dengan kecurigaan mengalami patah tulang belakang. Hal ini karena korban yang mengalami cedera tulang belakang harus diletakan pada alas yang rata dan keras untuk menghindari cedera tambahan.

J. Sudrajat
dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar