Senin, 28 November 2011

Heart Attack : Serangan jantung pembunuh utama saat ini

Seseorang mengalami serangan jantung dapat mengalami salah satu atau semua hal berikut:
  1. Tekanan tidak nyaman, kepenuhan atau nyeri meremas di tengah dada
  2. Nyeri berkepanjangan di perut bagian atas
  3. Ketidaknyamanan atau nyeri menyebar melampaui dada ke bahu, leher, rahang, gigi, atau satu atau kedua lengan
  4. Sesak napas
  5. Ringan, pusing, pingsan
  6. Berkeringat
  7. Mual
Serangan jantung terjadi ketika arteri yang memasok darah dan oksigen ke jantung tersumbat baik seluruh atau sebagian. kehilangan aliran darah yang berisi oksigen dapat melukai atau bahkan mematikan bagian dari otot jantung. Serangan jantung umumnya menyebabkan nyeri dada selama lebih dari 15 menit, tetapi juga dapat tidak memiliki gejala sama sekali.

Banyak orang yang mengalami serangan jantung memiliki telah memiliki gejala peringatan dini  beberapa jam, hari dan minggu sebelumnya. Tanda awal peringatan dini serangan jantung  dimulai dari episode nyeri dada yang berkelanjutan ketika setelah melakukan aktifitas fisik dan menghilang setelah istirahat. Namun jika sudah lanjut sedang istirahat sekalipun bisa merasakan sakit dada.

Jika Anda atau orang lain mengalami serangan jantung :
  1. Hubungi nomor bantuan darurat medik, misal UGD terdekat.
  2. Jangan tunda penanganan serangan jantung lebih dari 5 menit, jika anda tidak tahu nomor bantuan maka minta bantuan orang sekitar anda untuk mengantar ke rumah sakit terdekat.
  3. Mengendarai mobil sendiri saat anda mengalami serangan jantung merupakan pilihan terakhir, sadarilah bahwa itu beresiko untuk keselamatan anda dan orang lain.
  4. Kunyah dan telanlah ASPIRIN, kecuali anda alergi terhadap aspirin atau telah diberitahu oleh dokter anda tidak diperbolehkan minum aspirin.
  5. Anda juga dapat meletakan nitrogileserin dibawah lidah untuk pertolongan pertama, namun hati-hati tentang dosis karena akan berbahaya jika salah dalam penggunaan.
  6. Lakukan resusitasi jantung paru (RJP/CPR) jika ada orang disekitar anda mengalami serangan jantung dan tidak sadar. Lakukan sampai bantuan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar